5 Tips yang Perlu Dilakukan Saat Cuaca Panas


Ilustrasi Cuaca panas (IST)

AKTUALITAS.ID – Cuaca panas tidak hanya mempengaruhi kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental dan emosional. Banyak orang yang merasa lebih mudah marah, stres, atau depresi ketika suhu udara meningkat.

Apa sebenarnya yang terjadi di dalam tubuh dan otak kita ketika cuaca panas? 

Meski tampak biasa saja, namun cuaca panas juga perlu diwaspadai. Beberapa tips berikut bisa Anda ikuti di tengah cuaca panas ini.

Cuaca panas memang bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Mulai dari keringat berlebih yang bisa memicu dehidrasi hingga serangan panas.

Tapi tidak perlu khawatir, cuaca panas ini bisa dilawan dengan beberapa tips berikut.

1. Cukupi kebutuhan air

Memenuhi kebutuhan air sangat penting, terutama saat cuaca panas. Jangan sampai Anda mengalami dehidrasi karena keringat yang mengucur.

2. Hindari kontak matahari langsung

Sebisa mungkin tetap berada di dalam ruangan saat terik matahari berada di puncak panas. Lindungi tubuh dari sengatan matahari langsung, tetap berada di ruangan jika bukan hal yang sangat mendesak

3. Gunakan tabir surya

Saat harus keluar ruangan, jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan tabir surya di setiap kegiatan. Jika perlu, gunakan berulang.

Tabir surya penting untuk melindungi tubuh dari sengatan matahari langsung.

4. Olahraga di dalam ruangan

Meski panas, sebisa mungkin olahraga tetap jalan. Cara menyiasatinya adalah dengan berolahraga di dalam ruang.

Anda bisa ikut senam kebugaran atau melakukan beberapa kegiatan olahraga ringan agar tubuh tetap bugar di tengah cuaca ekstrem.

5. Batasi kafein

Kurangi minum kopi saat cuaca panas seperti saat ini. Gantinya, perbanyak minum air putih dan konsumsi berbagai macam buah yang mengandung air seperti semangka, melon, hingga buah pir. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>