Survei LSI Sebut Prabowo-Gibran Menang di Semua Wilayah, Kecuali DKI Jakarta 


Pidato Prabowo-Gibran di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (14/2) malam.(Dok: TKN Prabowo-Gibran)

AKTUALITAS.ID – Survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) mencatat, pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berhasil memenangkan suara hampir di semua wilayah saat Pilpres 2024.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengatakan, hanya ada satu wilayah yang tidak mampu dikuasai Prabowo-Gibran, yakni DKI Jakarta yang dimenangkan oleh Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

“Mungkin kita bisa lihat di wilayah, jadi kecuali di DKI pasangan Prabowo-Gibran itu unggul di semua wilayah,” kata Djayadi saat memaparkan hasil surveinya bertajuk ‘Persepsi Publik Tentang Pelaksanaan Pemilu 2024’, dikutip Senin (26/2/2024).

Djayadi menjelaskan target populasi survei ini adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/cellphone, sekitar 83 persen dari total populasi nasional.

Pemilih sample dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkit nomor telepon secara acak.

“Dengan teknik tersebut, sampel sebanyak 1211 responden dipilih melalui proses pembangkit nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Margin of error survei diperkirakan kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pasangan Prabowo-Gibran adalah pemegang suara dominan di semua pulau-pulau yang berpenduduk besar, seperti Jawa, Sumatera hingga Kalimantan.

“Di wilayah Sumatera, wilayah Banten wilayah Jawa Barat, wilayah Jawa Tengah DIY, wilayah Jawa Timur, lalu Bali, NTT, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua itu semua cenderung paslon 02 unggul kecuali di DKI,” sambung dia.

Meski begitu, Djayadi tak memungkiri bahwa di Jawa Barat suara Prabowo-Gibran harus bersaing ketat dengan Anies-Muhaimin. Di mana, Prabowo-Gibran memperoleh 50,4 persen sementara Anies-Cak Imin 42,2 persen.

“Jadi, di Jabar itu di sini terlihat bersaing cukup ketat,” pungkasnya. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>