Bakamla RI Perkuat Kerjasama Keamanan Laut dengan AS dalam Kunjungan ke Washington DC


Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksdya TNI Irvansyah (kiri) saat berkunjung ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Washington DC, Amerika Serikat (AS), Sabtu (09/03/2024). (Bakamla RI)

AKTUALITAS.ID – Dalam upaya meningkatkan kerjasama keamanan dan keselamatan maritim, Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI, Laksdya TNI Irvansyah, melakukan kunjungan resmi ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Washington DC, Amerika Serikat, pada hari Sabtu. 

Kunjungan ini merupakan bagian dari agenda strategis untuk memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat dalam bidang keamanan laut.

Laksdya TNI Irvansyah diterima hangat oleh Charge d’Affaires (CDA) KBRI AS, Ida Bagus Made Bimantara, dan Atase Pertahanan (Athan) RI, Marsma TNI Edwardus Wisoko Aribowo, bersama dengan jajaran staf. 

Dalam pertemuan tersebut, Irvansyah menekankan komitmen Bakamla RI untuk bekerja keras dalam menjaga keamanan dan keselamatan laut, yang tidak hanya penting bagi Indonesia tetapi juga bagi dunia, mengingat laut merupakan warisan bersama umat manusia.

CDA KBRI AS, Ida Bagus Made Bimantara, menyampaikan bahwa kerjasama pertahanan dan keamanan laut antara kedua negara telah berjalan dengan baik. 

Ia menambahkan, “Bakamla RI, dalam kapasitasnya sebagai Indonesian Coast Guard, telah membangun kemitraan yang positif dengan United States Coast Guard (USCG) dan diharapkan akan semakin kuat di masa mendatang.”

Hubungan kedua badan tersebut diperkuat melalui pernyataan bersama pertemuan antara Presiden RI, Joko Widodo, dan Presiden AS, Joe Biden, pada tahun 2023, yang menyoroti pentingnya penguatan kerjasama keamanan laut.

Selain berkunjung ke KBRI, Kepala Bakamla RI juga bertemu dengan Deputy of the Chief of Naval Operations (CNO), Vice Admiral (VAdm) Eugene Black, di Pentagon. Dalam pertemuan itu, VAdm Black menegaskan pentingnya keamanan laut dan mengakui peran Bakamla RI yang semakin signifikan dalam arena tersebut. Black juga mengundang Bakamla RI untuk berpartisipasi dalam latihan Rim of the Pacific (RIMPAC) pada Juni 2024 di Hawaii, 

AS, yang merupakan latihan maritim internasional terbesar di dunia.Kunjungan dan pertemuan ini menandai langkah penting dalam memperkuat kerjasama internasional untuk menciptakan aksesibilitas, keselamatan, dan keamanan di laut, sejalan dengan komitmen bersama untuk menjaga laut sebagai warisan bersama. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>