Kesiapan Arus Mudik, Pemkot Pekalongan ‘Ramp Check’ Angkutan Lebaran 2024


Petugas Dinas Perhubungan Kota Pekalongan sedang melakukan inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum (ramp check) yang dipersiapkan untuk mengangkut calon penumpang Lebaran 2024. (Humas Kota Pekalongan)

AKTUALITAS.ID – Dalam persiapan menyambut arus mudik Lebaran tahun 2024, Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, telah melakukan ramp check atau inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum yang akan mengangkut calon penumpang Lebaran. 

Hal ini dilakukan untuk memastikan kondisi keamanan angkutan umum dan kesehatan para sopir, mengingat pentingnya keselamatan dalam perjalanan, terutama pada momen yang padat seperti arus mudik Lebaran.

Kepala Terminal Tipe A Kota Pekalongan, Senewan, mengungkapkan kesiapannya dalam menyambut arus mudik Lebaran.

“Kami sudah melakukan ramp check untuk memastikan kondisi keamanan angkutan umum dan kondisi kesehatan sopir untuk arus mudik Lebaran nanti,” ujar Senewan, Senin.

Meskipun hingga saat ini lonjakan jumlah penumpang Lebaran 2024 belum terlihat secara signifikan, Senewan memperkirakan bahwa arus mudik Lebaran akan mulai meningkat pada tanggal 4 April 2024 atau H-7. Namun demikian, pihaknya tetap siap menghadapi lonjakan jumlah pemudik dengan menyediakan armada dan loket pemesanan tiket yang dapat diakses baik secara langsung di tempat (offline) maupun daring (online).

“Pengurus Bus PO Laju Prima Susanto juga menegaskan kesiapannya dalam menyambut arus mudik Lebaran 2024. Untuk kondisi kelaikan angkutan dan kelengkapannya, sudah sesuai dengan aturan. Kami siapkan tiga bus untuk penumpang dari Jakarta ke Pekalongan setiap hari,” tambahnya.

Sementara itu, di tengah kecemasan akan pandemi Covid-19, langkah-langkah pencegahan dan protokol kesehatan tetap ditegakkan demi memastikan keamanan dan kenyamanan seluruh penumpang yang melakukan perjalanan saat momen Lebaran nanti.

Dengan persiapan yang matang dari pihak pemerintah dan operator angkutan, diharapkan arus mudik Lebaran tahun ini dapat berjalan lancar dan aman bagi semua pemudik. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>