Survei Sebut Mayoritas Responden Puas dengan Kinerja Presiden Jokowi


Tangkapan layar - Peneliti utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi memaparkan hasil survei bertajuk "Persepsi Publik Atas Penegakan Hukum, Sengketa Pilpres di MK, dan Isu-Isu Terkini Pasca-Pilpres" yang dipantau secara daring, Minggu (21/4/2024). (ANTARA)

AKTUALITAS.ID – Hasil survei terbaru dari Indikator Politik Indonesia menunjukkan bahwa sebanyak 77,2 persen dari 1.201 responden menyatakan kepuasan mereka terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Survei yang dilakukan pada 4-5 April 2024 ini juga mengungkapkan bahwa mayoritas responden, sebanyak 53,5 persen, menyatakan diri mereka “cukup puas,” sementara 23,7 persen menyatakan “sangat puas” dengan kinerja Presiden.

Menariknya, tingkat kepuasan ini meningkat dari survei sebelumnya yang dilakukan pada Februari 2024 yang mencapai 76 persen. Ini menunjukkan bahwa masyarakat semakin mengapresiasi kinerja Presiden Jokowi, meskipun di tengah tantangan yang beragam, termasuk isu ekonomi, politik, dan hukum.

Peneliti utama Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, menjelaskan bahwa terdapat empat faktor utama yang melatarbelakangi tingginya kepuasan masyarakat terhadap Presiden Jokowi. Pertama adalah perhatian Presiden terhadap rakyat kecil, yang menjadi alasan tertinggi kepuasan masyarakat sebesar 31,4 persen. Selanjutnya, masyarakat juga menilai kinerja Presiden yang telah bagus (25,2 persen) serta pembangunan infrastruktur yang gencar dilakukan pemerintah (20,6 persen).

Selain itu, terdapat faktor-faktor lain yang juga berkontribusi terhadap tingginya “approval rating” Jokowi, seperti kesan merakyat (11,3 persen), sifat baik Presiden (3,2 persen), dan upaya pemerataan pendapatan (1,2 persen).

Survei ini memiliki tingkat kepercayaan mencapai 95 persen dan dilakukan melalui sambungan telepon. Dengan hasil yang menggembirakan ini, kinerja Presiden Jokowi semakin mendapat dukungan luas dari masyarakat Indonesia. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>