Connect with us

Berita

China Berjanji akan Mengurangi Sampah Plastik Pada 20212

China berjanji untuk mengurangi sampah plastik pada 2021. Seiring dengan visi tersebut, sejumlah pemerintah daerah di China mulai menerapkan kebijakan mengurangi sampah plastik pekan lalu. Mengumumkan rencana aksinya, Chengdu, kota yang berpenduduk 16,3 juta jiwa dan ibu kota Provinsi Sichuan, menyampaikan akan melarang penggunaan sedotan plastik di restoran, kafe, dan kedai teh. Pemerintah Chengdu juga […]

Published

on

China berjanji untuk mengurangi sampah plastik pada 2021. Seiring dengan visi tersebut, sejumlah pemerintah daerah di China mulai menerapkan kebijakan mengurangi sampah plastik pekan lalu.

Mengumumkan rencana aksinya, Chengdu, kota yang berpenduduk 16,3 juta jiwa dan ibu kota Provinsi Sichuan, menyampaikan akan melarang penggunaan sedotan plastik di restoran, kafe, dan kedai teh. Pemerintah Chengdu juga menyerukan supermarket dan toko berhenti menggunakan kantong plastik sekali pakai atau non daur ulang mulai tahun depan.

Di Guangdong, ibu kota Guangzhou, perintah yang sama diterbitkan. Selain melarang sedotan, pemerintah Guangdong juga melarang penggunaan alat makan plastik, termasuk wadah penyimpanan makanan.

Belasan kota lainnya sebelumnya telah menerapkan kebijakan hijau seperti mengkampanyekan daur ulang sampah plastik dan mengurangi volume sampah yang dikirim ke TPA.

Awal tahun ini, saat kebangkitan wabah Covid-19, Presiden China Xi Jinping menyerukan “pemulihan hijau” dalam perekonomian dunia. China adalah salah satu produsen sampah terbesar dunia; tahun lalu negara ini menghasilkan 81,8 juta ton sampah plastik, naik hampir 4 persen dari tahun sebelumnya, menurut Badan Statistik Nasional (NBS). Namun menurut laporan Forbes, produksi sampah AS lebih besar daripada China.

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending