Saat Utsman Melamun Memikirkan Doa


Ilustrasi

Saad in Abu Waqqash radhualluhu anhu berjalan melewati Ustman bin Affan radhiallahu anhu di Masjid Nabawi. Saad pun mengucapkan salam kepadanya.

Kedua mata Utsman menatap Saad namun Utsman tak menjawab salam. Melihat kejadian itu, Saad menceritakannya kepada Umar bin Khattab yang kala itu telah menjadi khalifah. Umar pun memanggil Utsman

“Apa yang menghalangimu tak menjawab salam saudaramu,”tanya Umar.

Utsman menjawab,” Saya tidak mendengar dia mengucapkan salam kepadaku.

Saad membalas,”Iya saya mengucapkan salam untuk mu.”

Kemudian Utsman teringat berkata,”Ya aku memohon ampun kepada Allah dan bertobat kepada-Nya, kamu tadi lewat di depanku, dan ketika itu, aku sedang bertanya kepada batinku sendiri tentang suatu doa dari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Tidak demi Allah aku sama sekali tidak mengingatnya karena penglihatan dan hati sedang tertutup?

Saad pun teringat soal itu. Rasulullah sempat mengajarkan doa namun urung dilakukan karena ada tamu datang. Lalu Saad mengingat kejadian itu dan sempat menanyakan apa doa tersebut.

“Rasulullah Shallallahu Alahi Wasallam menjawab, “Oh iya, itu doa Dzun Nun (Nabi Yunus Allahis Salam) ketika berada di dalam perut ikan paus,”kata Saad.

Doa tersebut berbunyi:

“Tidak ada yang berhak disembah kecuali Engkau. Maha suci Engkkau sesunggunya aku termasuk orang-orang yang berbuat zalim.”

(Disarikan dari buku Kepemimpinan dan Keteladanan Utsman bin Affan)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>