Akibat Sengketa Perbatasan, Polisi India Saling Tembak Hingga Lima Orang Tewas


Sedikitnya lima polisi India tewas setelah polisi dari dua negara bagian saling melepaskan tembakan ke arah masing-masing di perbatasan.

Peristiwa itu terjadi di sepanjang perbatasan Assam dan Mizoram di wilayah sebelah timur laut India.

Laman BBC melaporkan, Selasa (27/7), kedua pihak, termasuk masing-masing kepala menteri di dua negara bagian itu saling menuduh pihak lain melakukan kekerasan lebih dulu.

Insiden baku tembak itu terjadi setelah kedua negara bagian bersitegang selama berbulan-bulan soal sengketa perbatasan.

Kedua pihak kerap saling berdebat dan bahkan menjurus kepada kekerasan. Namun kali ini pertama kalinya mereka saling baku tembak. Polisi yang tewas berasal dari Negara Bagian Assam.

Pemerintah federal sudah berusaha mengupayakan gencatan senjata antara kedua negara bagian sejak 1994 tapi berujung gagal.
Menteri Dalam Negeri Amit Shah dilaporkan sudah berbicara dengan para kepala menteri Assam dan Mizoram–Himanta Biswa Sarma dan Zoramthanga–dan menyerukan kedua pihak memastikan perdamaian di sepanjang perbatasan dengan mencarikan solusi bagi masalah ini.

Mizoram dan Assam bersama lima negara bagian lainnya terletak di wilayah timur laut India. Kawasan itu terbentang dari wilayah bersalju Himalaya di bawah Tibet hingga ke Bangladesh dan perbatasan hutan Myanmar di sebelah timur.

Di masa kolonial, Bukit Lushai yang sekarang bernama Mizoram dulunya masuk wilayah Assam. Wilayah ini kemudian mendapatkan pengakuan pada 1972–hampir tiga dasawarsa setelah kemerdekaan India. Wilayah ini kemudian menjadi bagian dari wilayah federal yang terpisah dan pada 1987 akhirnya menjadi negara bagian penuh.

Tiga kabupaten di Assam–Cachar, Hailakandi dan Karimganj–berbagi wilayah sepanjang 164 kilometer di perbatasan dengan kabupaten Mizoram.

Kawasan dipenuhi hutan itu bersinggungan di sejumlah titik, baik Assam dan Mizoram saling mengklaim wilayah itu milik mereka.

Perselisihan pertama terjadi pada 1994 sehingga diperlukan beberapa kali dialog antarkedua pihak yang digagas oleh pemerintah federal. Namun sengketa masih berlanjut.

Ketegangan semakin memuncak pada Oktober 2020 ketika penduduk di Assam dan Mizoram saling bertikai dua kali dalam sepekan. Sedikitnya delapan orang terluka dan massa yang marah membakar rumah dan pertokoan di masing-masing wilayah.

Kemudian aparat di Assam dilaporkan membakar ladang dan rumah petani di kawasan sengketa. Pemerintahan Mizoram membalas dengan mengerahkan tentara di kawasan yang mereka klaim itu.

Penduduk di kedua negara bagian juga memblokir jalan tol hingga menyebabkan kemacetan hampir selama tiga pekan sampai akhirnya pemerintah federal harus turun tangan mengatasi keadaan. 

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>