Masuk Musim Penghujan, BPBD Minta Warga Tangerang Selatan Waspadai Banjir dan Longsor


Pengendara saat mencoba melintasi banjir yang merendam kawasan Cawang, Jakarta, Rabu (1/1/2020). Banjir sejak pukul 03.00 WIB dini hari, membuat lalu lintas kawasan Cawang lumpuh. AKTUALITAS.ID / Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Memasuki musim penghujan, warga Tangerang Selatan diminta mewaspadai ancaman banjir dan longsor. Sedikitnya terdapat 18 titik rawan banjir di Tangerang Selatan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangsel, Chaerudin mengatakan, pihaknya belum menerima laporan terjadinya banjir akibat hujan yang terus mengguyur wilayahnya sejak Minggu (17/10) malam.

“Dari 18 titik, sekarang saya lihat 3 sampai 4 titik. Semalam hujan gede belum ada laporan (banjir),” katanya di Tangerang Selatan, Senin (18/10/2021).

Meski begitu, dalam catatan BPBD ada sekitar 18 titik rawan banjir yang terus mesti diwaspadai oleh warga Tangsel. Dia mengungkapkan, berkurangnya titik rawan banjir di wilayah Tangsel, lebih disebabkan adanya pelebaran kali dan perbaikan drainase oleh dinas terkait.

“Kalau sekarang ini kita antisipasi saja, untuk titik-titik rawan banjir Alhamdulillah berkurang. Mungkin sekarang agak cepat surut, mungkin ada sedikit pelebaran dan ada drainase yang sudah diperbaiki sehingga lancar,” terangnya.

Begitu juga dengan wilayah kecamatan Setu, yang masuk menjadi wilayah rawan musibah longsor. Hal itu karena kontur tanah di wilayah tersebut yang merupakan bekas lokasi tambang (tanah).

“Dia kontur tanah dari tanahnya beda. Dia (kecamatan Setu) agak tinggi terus kan dibawahnya ada kikisan-kikisan dan dulunya itu kan tanahnya bekas galian,” ungkapnya

BPBD Tangsel memperkuat pelaksanaan monitoring wilayah-wilayah rawan musibah banjir dan longsor dengan pengawasan dari tim Satgas.

“Monitoring juga tetap jalan antisipasi banjir longsor. Kita punya Satgas di sana dan monitor kalau pun ada kejadian apa-apa tugas kita BPBD pertama menyelamatkan dulu, tapi mudah-mudahan tidak terjadi lah di Tangsel,” tutupnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>