Permudah Akses Keuangan UMKM, Ganjar Luncurkan Aplikasi Srikandi


Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri menyerahkan penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2019 kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Jakarta, Senin (22/4/2019). AKTUALITAS.ID /Kiki Budi Hartawan

AKTUALITAS.ID –

“Silakan manfaatkan Aplikasi Srikandi, di sana banyak fitur, bagaimana akan mengajukan KUR, skemanya seperti apa, syarat apa saja, terus dijamin yang digaet aplikasi itu legal. Pasti legal sehingga kalau ada sesuatu yang tidak benar bisa disampaikan ke OJK,” kata Ganjar seusai meluncurkan Aplikasi Srikandi di Semarang, Selasa (22/3/2022).

Orang nomor satu di Jateng itu menjelaskan bahwa Aplikasi Srikandi menyediakan media informasi perkembangan akses keuangan yang komprehensif dan mudah diakses sehingga dapat dijadikan petunjuk oleh pemerintah daerah dalam menetapkan kebijakan guna mendorong perekonomian dan tingkat inklusi di suatu daerah.

Menurut Ganjar, tidak sedikit UMKM yang terdampak pandemi COVID-19 sehingga membutuhkan akses keuangan yang lebih mudah dan aman.

“Kadang-kadang mereka ‘short cut’ (jalan pintas) apakah mereka mencari cara yang paling gampang. Maaf mungkin harus ke rentenir, ke pinjol, atau investasi bodong yang kemarin melibatkan banyak tokoh tokoh hebat dan memunculkan ‘crazy rich’,” ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Seusai meluncurkan Aplikasi Srikandi, Ganjar juga menggelar Rapat Koordinasi Daerah dan Pleno TPKAD se-Jateng di kantor OJK Regional 3 Jateng-DIY.

Ganjar berharap rapat tersebut bisa menyatukan seluruh pemangku kebijakan dalam semangat mempermudah akses keuangan bagi masyarakat.

“Dengan adanya acara ini nantinya masyarakat tahu semua tentang kemudahan akses keuangan. Hari ini dengan OJK melakukan rakor dengan kabupaten dan kota, untuk mencarikan solusi sehingga akses keuangan ini makin terbuka dan orang mengerti,” katanya

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>