RS Indonesia Diserang di Gaza, Menlu Retno: Israel Harus Tanggung Jawab!


Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (foto: layar tangkap Sekretariat Presiden)

AKTUALITAS.ID – Menteri Luar Negeri  (Menlu) Retno LP Marsudi saat mengungkapkan Pemerintah Indonesia mengutuk sekeras-kerasnya serangan terhadap Rumah Sakit Indonesia (RSI) di Gaza yang menewaskan sejumlah warga sipil.

“Israel harus bertanggung jawab terhadap serangan tersebut,” tandas Menlu dalam pernyataannya dari Beijing, China Senin sore (21/11/2023).

Ia mengaku sedang melangsungkan pertemuan dengan beberapa menteri luar negeri untuk menggalang dukungan penghentian aksi kekerasan di Gaza.

Retno mengatakan Pemerintah Indonesia mengutuk sekeras-kerasnya serangan Israel terhadap RS Indonesia itu, dan serangan tersebut merupakan pelanggaran nyata terhadap hukum humaniter internasional.

Ia mendesak semua negara, terutama yang memiliki hubungan dekat dengan Israel, menggunakan segala pengaruh dan kemampuannya untuk mendesak Israel menghentikan kekejamannya.

Menlu juga menegaskan semua negara, terutama yang memiliki hubungan dekat dengan Israel harus menggunakan segala pengaruh dan kemampuannya, untuk mendesak Israel menghentikan kekejamannya.

Hingga saat ini, Kementerian Luar Negeri masih hilang kontak dengan tiga orang WNI yang menjadi relawan di Rumah Sakit Indonesia.

“Saya sendiri telah menghubungi UNRWA di Gaza, untuk menanyakan situasi RS Indonesia dan memperoleh jawaban bahwa UNRWA juga tidak dapat melakukan kontak dengan siapapun di RS Indonesia saat ini.”

“Saya juga sudah berusaha menghubungi WHO dan Palang Merah Internasional namun belum mendapatkan jawaban. Saya akan terus berusaha untuk menghubungi berbagai pihak, guna memperoleh informasi terkait RS Indonesia dan keselamatan 3 WNI tersebut,” tutur Menlu.

“Saat ini saya sedang berada di Beijing, RRT (China) bersama dengan Menlu Arab Saudi, Yordania, Mesir, Palestina dan Sekjen OKI, untuk menggalang dukungan terutama negara-negara anggota tetap DK PBB atau sering kita sebut P5 agar gencatan senjata dapat segera dilakukan dan bantuan kemanusiaan dapat juga dilakukan tanpa hambatan,” pungkasnya. (Rafi)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>