Panglima TNI Ungkap Sosok Bintang 3 Yang Layak Jadi KSAD


Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. (Instagram @91agussubiyanto)

AKTUALITAS.ID – Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengungkapkan sosok calon penggantinya sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD). 

Hal itu disampaikan Agus kepada wartawan seusai pelantikannya di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (22/11/2023).

“Belum-belum, kita lihat saja bintang tiga yang eligible,” katanya.

Ia menjelaskan, dalam jenjang kepangkatan dalam TNI sudah terstruktur. Menurutnya untuk menjadi KSAD setidaknya harus berpangkat bintang tiga yang memiliki prestasi.

“Kemudian kalau mau jadi KSAD harus bintang 3 yang eligible dan strategis. Kemudian dari KSAD jadi panglima TNI pernah menjabat (kepala staf) angkatan, tidak ujug-ujug. Semuanya harus berprestasi juga,” jelasnya.

Seperti diketahui, posisi Kasad saat ini masih kosong setelah Agus Subiyanto dilantik menjadi Panglima TNI oleh Presiden Jokowi pada Rabu (22/11/2023).

Ditemui seusai menghadiri puncak acara Hari Guru Nasional 2023 di Indonesia Arena Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Jokowi mengatakan belum menentukan sosok kasad yang baru. Kasad yang baru rencananya akan diumumkan pada pekan depan.

Ketika ditanya apakah Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal Maruli Simanjuntak berpotensi menjadi kasad yang baru, Jokowi mengatakan sosok Maruli merupakan salah satu kandidatnya.

“Salah satu kandidat, iya,” ungkap Jokowi. (RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>