Shehbaz Sharif Terpilih Kembali Sebagai Perdana Menteri Pakistan


Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif. REUTERS

AKTUALITAS.ID – Shehbaz Sharif terpilih kembali sebagai perdana menteri Pakistan oleh anggota parlemen Majelis Nasional Pakistan pada Minggu (3/3/2024). Sekutu mantan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan di parlemen memprotes hasil ini dan menuduh ada kecurangan.

Dilansir dari AP, Sharif meraih 201 suara dalam pemilihan, mengungguli Omar Ayub dari Dewan Sunni Ittehad yang hanya mendapat 92 suara. Sharif sebetulnya hanya membutuhkan 169 suara untuk meraih suara mayoritas.

Ayub didukung oleh partai Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI) pimpinan Khan, yang kandidatnya tidak mendapatkan cukup kursi untuk membentuk pemerintahan sendiri. PTI menolak mengadakan pembicaraan dengan pesaingnya untuk membentuk koalisi.

Sharif dalam pidatonya setelah terpilih menekankan pentingnya rekonsiliasi dengan oposisi dan berkomitmen untuk memperbaiki hubungan dengan Amerika Serikat. 

Dia juga menyoroti tantangan ekonomi yang dihadapi Pakistan dan kebutuhan akan bantuan internasional untuk menjaga stabilitas ekonomi negara. (YAN KUSUMA/ARI WIBOWO)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>