Libur Natal 2023, Pengguna LRT Jabodebek Naik 33 Persen


LRT Jabodebek yang sudah beroperasi sejak 18 Agustus. Kemenhub saat ini sedang melakukan evaluasi operasional angkutan massal tersebut. (Foto : Ist)

AKTUALITAS.ID – PT KAI (Persero) mencatat lonjakan pengguna LRT Jabodebek sebesar 33 persen selama masa libur Natal 2023.

Dalam rentang waktu 23-26 Desember, jumlah pengguna harian mencapai 29.971 orang, meningkat dari rata-rata akhir pekan bulan Desember yang mencapai 22.523 pengguna per hari. Total pengguna selama libur Natal mencapai 119.883 orang.

“Dalam komitmennya untuk memberikan pelayanan prima, LRT Jabodebek melakukan peningkatan perjalanan dan waktu operasional menjelang akhir tahun. Upaya ini merupakan bagian dari langkah-langkah komprehensif yang diambil untuk meningkatkan kehandalan operasionalnya,” ujar Mahendro, Rabu (27/12/2023).

Demi kelancaran perjalanan, LRT Jabodebek memperkuat personel dengan menambah petugas baik di lini depan maupun keamanan di stasiun-stasiun. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi terhadap peningkatan jumlah pengguna selama periode liburan.

LRT Jabodebek juga menjalin koordinasi dengan pihak eksternal, seperti TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan tokoh masyarakat setempat, untuk memperkuat keamanan di area stasiun.

Selain itu, LRT Jabodebek fokus pada peningkatan fasilitas di stasiun, seperti menambah jumlah kipas penyejuk di concourse dan platform, memperluas tempat parkir sepeda, serta menyediakan area naik turun sepeda di sepanjang tangga stasiun.

“Dalam menghadapi periode libur Natal dan Tahun Baru, LRT Jabodebek mengerahkan posko petugas perawatan sarana yang siaga 24 jam dan menyiapkan alat evakuasi sebagai antisipasi dalam situasi darurat,” ungkap Mahendro.

Dia berharap bahwa dengan pelayanan LRT Jabodebek yang semakin andal dan konsisten, dapat memenuhi harapan masyarakat akan moda transportasi yang aman, tepat waktu, dan dapat diandalkan. Sebagai tambahan, KAI berharap bahwa peningkatan penggunaan transportasi umum, khususnya LRT Jabodebek, dapat membantu mengurangi masalah kemacetan dan polusi udara. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>