Jelang Ramadan, Pedagang Pakaian Tanah Abang Raup Rp 4 Juta Per Hari


AKTUALITAS.ID – Omzet penjualan pakaian Muslimah meningkat hingga dua kali lipat di Pasar l Tanah Abang, Jakarta, beberapa hari menjelang Ramadan. Rata-rata pendapatan pedagang mencapai Rp 3 juta-Rp 4 juta per hari.

Animo masyarakat untuk membeli baju menjelang puasa mulai meningkat. Salah satunya adalah Toko “Uncle Zoe Boutique” di Blok A, Pasar Pasar Tanah Abang.

Menurut pemilik toko, Jhon Zepelin, rata-rata pendapatannya mencapai Rp 1 juta hingga Rp 2 juta per hari.

“Kalau sebelumnya hanya 1-2 kodi, sekarang naik menjadi 3-4 kodi,” katanya Sabtu (4/5/2019).

Baju Muslimah model gamis dan tunik, kata Jhon, menjadi incaran masyarakat Jakarta maupun pedagang daerah.

Selain itu, untuk meningkatkan hasil penjualannya, John Zepelin juga mencoba peruntungan dengan menawarkan barang dagangannya melalui daring.

“Harus mengikuti situasi. Kami juga menjual lewat media sosial. Saya sendiri yang mengelola akunnya,” ujarnya.

Harga baju gamis, kata dia, dijual bervariasi mulai Rp100.000-Rp450.000 per potong, bergantung pada model dan kualitas bahan.

“Baju model gamis lebih mahal dibandingkan tunik. Model tunik bahannya hanya sampai selutut, beda sama gamis yang sampai bawah,” paparnya.

Hal senada diungkapkan pedagang yang berjualan di jembatan penyeberangan multiguna (JPM) atau skybridge, yang menyatakan hasil penjualan menjelang puasa meningkat.

Salah satu pedagang baju muslimah di skybridge Komar mengatakan, penghasilannya meningkat menjelang puasa.

“Hari biasa sekitar satu kodi, sekarang naik menjadi 4-5 kodi. Harga baju gamis yang saya jual hanya Rp65 ribu rupiah,” katanya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>