Biar Ekonomi Ngebut Lagi, Pelaku UMKM Jadi Prioritas Vaksinasi


UMKM, kerajinan, produk, lokal
Seorang perajin membuat lukisan diatas tatakan dan rekal tatakan untuk Al-Quran di galeri Cemolex, Curug, Bojongsari, Depok, Jumat (25/9/2020). Kerajinan UMKM tersebut tetap bertahan meskipun mengalami penurun mencapai 50 persen dari dampak Covid-19. Harga kerajinan tersebut dibandrol 50 ribu rupiah. AKTUALITAS.ID/Kiki Budi Hartawan

AKTUALITAS.ID – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meninjau vaksinasi COVID-19 para pelaku UMKM di Brebes, Jawa Tengah. Ia menyatakan pelaku UMKM harus mendapat prioritas dalam mendapatkan vaksin untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Vaksinasi terhadap pelaku usaha ini, termasuk para pelaku UMKM merupakan salah satu jalan keluar untuk memulihkan perekonomian. Ia mengatakan negara yang banyak penduduknya sudah divaksinasi COVID-19, pertumbuhan ekonominya meningkat. Teten mengungkap, Indonesia masuk urutan kelima dengan capaian vaksin tertinggi di dunia.

“Kenapa? Karena pelaku usaha itu kalau kita bicara dalam konteks pemulihan ekonomi nasional maka justru yang harus mendapat prioritas utama itu adalah para pelaku usaha dan pelaku UMKM,” ujar Teten, Sabtu (25/9/2021).

Dalam rangka pemulihan itu, Kementerian Koperasi dan UKM tengah berupaya menaikkan capaian vaksinasi terhadap pelaku usaha. Di Indonesia, jumlah pelaku usaha kecil menengah sebanyak 65 juta orang. Artinya jika disertakan dengan keluarga, istri atau suami, maka jumlahnya mencapai 130 juta orang.

Selain melalui pemda, vaksinasi pelaku UMKM juga melibatkan dunia usaha. Kementerian bekerja sama dengan koperasi dan pengusaha juga sudah menyelenggarakan kegiatan vaksinasi.

Penuntasan vaksin bisa cepat selesai bila target harian bisa tercapai. Sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), lanjut Teten, setiap hari ditargetkan 2,8 juta orang divaksinasi di seluruh Indonesia.

“Kalau secara keseluruhan, pelaku UMKM itu kan ada 65 juta, kalau dikali dua saja berarti 130 juta. Sekarang vaksinasi yang lewat pemerintah daerah selama ini juga di dalamnya ada UMKM. Kami bekerja sama dengan koperasi mempercepat saja,” pungkas Teten.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>