Peringti Hari Al-Quds, Ayatollah Ali Khamenei Sebut Israel Basis Teroris


Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei (Office of the Iranian Supreme Leader via AP)

Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei menyebut, Israel bukan sebuah negara, tetapi basis teroris.

Pernyataan itu diutarakan Khamenei saat berpidato merayakan Hari Al-Quds yang merupakan perayaan tahunan solidaritas terhadap bangsa Palestina.

“Israel bukan-lah sebuah negara tetapi basis teroris terhadap bangsa Palestina dan negara Muslim lainnya,” kata Khamenei dalam sambutannya yang disiarkan langsung stasiun televisi Iran pada Jumat (7/5).

“Memerangi rezim zalim adalah memerangi penindasan dan terorisme, dan (melakukannya) adalah tugas semua orang,” sambung Khamenei.

Dalam pidatonya, Khamenei juga mengecam normalisasi Israel dengan sejumlah negara Arab. Menurutnya, negara-negara Arab tersebut lemah dan normalisasi hubungan itu merupakan mimpi buruk ‘persatuan Muslim’.

Hari Al-Quds kerap dirayakan setiap tahun di sejumlah negara mayoritas Muslim, terutama di Timur Tengah. Hari Al-Quds biasanya jatuh pada hari Jumat terakhir bulan suci Ramadan.

Dilansir AFP, Hari Al-Quds kerap dirayakan dengan berbagai aksi demonstrasi menentang pemerintahan Israel yang dinilai kerap menindas bangsa Palestina. Bagi warga Israel, Hari Al-Quds dipandang sebagai ekspresi kebencian dan anti-Semitisme.

Di Irak, ribuan pengunjuk rasa membakar replika kertas bendera Israel dan menginjak-injak bendera Amerika Serikat selama perayaan Hari Al-Quds di kota suci, Najaf.

Sementara itu, di Karachi, Pakistan, pengunjuk rasa mengangkat papan bertuliskan “kami akan membinasakkan Israel” dalam unjuk rasa Hari Al-Quds.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>