8 Cara Mengurangi Rasa Sakit Saat Haid, Aman dan Efektif 


Ilustrasi. Nyeri Haid (ist)

AKTUALITAS.ID – Nyeri perut saat haid terjadi karena otot-otot rahim mengalami kontraksi. Rasa nyeri tersebut terkadang tak tertahankan hingga menuntut Anda untuk mencari cara meredakan nyeri haid yang aman dan efektif.

Lebih parahnya, nyeri saat haid akan berbeda pada setiap perempuan. Sebagian akan merasakan gejala yang lebih parah, seperti rasa sakitnya tak tertahankan.

Berikut cara untuk mengurangi rasa sakit saat haid.

1. Oleskan balsem 

Balsem adalah obat herbal yang memiliki sensasi hangat hingga panas. Balsem dipercaya bisa membantu mengendurkan otot-otot yang  menyebabkan kram. Sehingga mengoleskan balsem ke perut atau punggung dapat membantu meringankan rasa sakit. 

Selain balsem kamu bisa juga menggunakan air hangat untuk mengompres perut kamu yang mengalami kram dan rasa sakit.

2. Konsumsi obat pereda nyeri 

Bagi sebagian orang, gejala menstrual pain begitu sangat menyakitkan. Sehingga mengonsumsi obat pereda nyeri adalah solusi untuk mengurangi rasa sakit. Namun untuk konsumsi obat pereda nyeri usahakan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

3. Lakukan olahraga ringan

Saat periode menstruasi berlangsung, otot-otot di tubuh akan tegang dan menyebabkan kram serta sakit pada beberapa bagian tubuh. Kamu bisa melakukan olahraga ringan untuk membantu merilekskan otot-otot di sekitar perut dan panggul, mengurangi ketegangan otot yang dapat menyebabkan kram menstruasi.

4. Konsumsi air putih

Menjaga tubuh agar terhidrasi dengan baik penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan dan dapat membantu meringankan beberapa gejala menstruasi. Mengkonsumsi air putih dengan cukup saat menstruasi bisa mengantisipasi terjadinya tubuh kekurangan cairan.

5. Lakukan teknik relaksasi

Lakukan latihan seperti pernapasan dalam, meditasi, atau mindfulness dapat membantu mengelola stres dan mengurangi ketegangan otot, sehingga berpotensi meredakan kram menstruasi. 

Dorong pikiran dan tubuh kamu untuk selalu berpikiran positif sehingga tubuh bisa lebih rileks sehingga mengurangi ketegangan yang ada pada otot-otot tubuh. 

6. Konsumsi minuman herbal

Saat kamu merasakan gejala menstrual pain, kamu bisa mengonsumsi teh herbal seperti teh seperti jahe atau chamomile, mungkin memiliki sifat anti inflamasi dan relaksasi yang dapat membantu meringankan nyeri haid.

7. Lakukan diet sehat

Pertahankan pola makan seimbang dengan mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak. Kamu juga bisa mengurangi asupan kafein, garam, dan gula yang dapat membantu meringankan gejala menstruasi.

8. Berkonsultasi dengan profesional kesehatan:

Jika nyeri haid parah atau jika Anda mengalami gejala lain yang mengkhawatirkan, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan. Mereka dapat membantu mengidentifikasi masalah mendasar dan merekomendasikan perawatan yang tepat.

Penting untuk diingat bahwa nyeri haid atau menstrual pain adalah pengalaman umum yang dialami banyak perempuan, dan berbagai strategi mungkin memiliki hasil yang berbeda-beda bagi setiap perempuan. 

Menemukan cara bagaimana mengurangi rasa sakit saat haid adalah pendekatan yang paling efektif sehingga memberikan perubahan gaya hidup. 

Jika kamu mengalami nyeri haid yang terus-menerus atau semakin parah, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan untuk memastikan diagnosis yang tepat dan mendapatkan penanganan yang tepat. (RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>